Senin, 10 September 2012

Sejarah Lahirnya IYCers Kaltim

Dikutip dari personal blog Muhammad Ami: www.muhammadami.wordpress.com

03 Juli 2012
Penyelenggaraan forum Indonesian Youth Conference (IYC) kembali  digelar untuk kedua kalinya. Entah mengapa sebelum dan setelah mengikuti rangkaian kegiatan IYC, rasa bangga yang luar biasa menjadi bagian dari keluarga besar IYC hingga detik ini masih begitu besar dan semangat untuk menginpirasi lebih banyak orang pun tiada henti.
03 Juli 2012, merupakan hari pertama penyelenggaraan forum IYC yang bertempat di house of eva,Jakarta Selatan. Pagi itu, dengan semangat dan ketidaksabaran untuk bertemu aktivis muda terbaik dari seluruh Indonesia sangat menggebu-gebu. Sebelum berangkat menuju lokasi kegiatan, saya pamit terlebih dahulu kepada Kak Toman teman backpacker yang mengijinkan saya stay di kosannya sebelum kegiatan berlangsung selama dua malam. Saya berangkat dari daerah setia budi menuju HOE menggunakan ojek.
Dalam perjalanan menuju lokasi, semangat saya semakin terbakar dan ketika itu yang ada dalam pikiran saya ialah “PROJECT”. Yah, saya ingin sekali pasca kegiatan IYC bisa langsung merealisasikan project. Masih saya ingat jelas, dukungan teman-teman khususnya di Balikpapan melalui BBM dan twitter terus mengalir. Ketika membalasnya, ada beberapa teman yang begitu tertarik membantu merealisasikan project saya hingga akhirnya saya menemukan nama “Fanny Amelia dan Dirtie Imas” dari beberapa teman yang saat itu berkomunikasi langsung dengan saya cukup lama melalui BBM. Awalnya saya menawarkan kepada mereka untuk menjalankan project ini bersama and  they welcomed my offer warmly.
Saya pun mencoba memikirkan apa yang bisa Fanny dan Dirtie lakukan di Balikpapan untuk project kami sementara saya masih berada di Jakarta. Pembuatan twitter pun menjadi langkah awal kami untuk membangun awareness (kesadaran) masyarakat di Kaltim khususnya di Balikpapan bahwa akan lahir gerakan anak muda (komunitas) yang tidak hanyak eksis tapi dapat menjadi media bagi mereka yang ingin mengaktualisasikan potensi dan tentunya menjadi pioneer of change di provinsi dan kota kami tentunya. Namun, Saat itu kami masih belum tau project awal apa yang akan kami jalani karena we need to discuss it together. Saya hanya meminta mereka untuk terus memantau linimasa @indonesianyouth agar dapat mengupdate kegiatan IYC dan juga informasi lebih lengkap mengenai IYC itu sendiri.
8 Juli 2012, I flew back to Balikpapan dan tiga hari berikutnya Fanny,Dirtie,saya dan bro Irfan mengadakan rapat awal membahas project yang sebelumnya telah kami bicarakan. Tentu senang sekali bisa membagi  pengalaman saya selama menghadiri forum dan festival IYC 2012 kepada mereka. Kami memutuskan untuk mengadakan rapat selanjutnya pada hari minggu di hari kedua bulan ramadhan di rumah Dirtie sekaligus perekrutan panitia.
Minggu pagi yang sejuk di bulan ramadhan kedua, bertempat di rumah Dirtie sudah ada beberapa tim baru kami. Banyak dari mereka yang baru saya kenal, saya menjelaskan terlebih dahulu mengenai IYC dan cerita seru saya selama menghadiri forum dan festival IYC. Teman-teman terlihat semangat mendengarnya hingga tercetuslah ide untuk mengadakan seminar yang dirangkaikan dengan beberapa kegiatan lain seperti pertunjukkan dan art expo. Pembagian tugas kepanitiaan pun langsung kami putuskan hari itu juga AND THE JOURNEY JUST BEGUN => Inilah perjalanan panjang #akudanmimpiku
And you know what? WE START THIS WITH A DREAM, BUT WE HAVE COURAGE TO PURSUE IT. IYCERS KALTIM IS A DREAMER ^^
HERE ARE THE SEVENTEEN YOUTHS
“Ananda Rizki,Tharizma,Fanny Amelia ,Pebriani Artha ,Dirtie Imas,Teo Lukmanul,Bunga Absana,Indah,Anggi Andrea,Putri,Andre,Rio,Fadhlul Faizi,Claudio Bojoh,Elsa Rahmatyah,Irfan Maulana dan saya” are going to make a big change for our lovely province, East Kalimantan through #akudanmimpiku. Actually it’s not totally a seminar, we prefer to say as a mini festival.
Saya rasa sama halnya ketika seorang bayi pertama kali dilahirkan,belajar merangkak,berdiri hingga akhirnya tumbuh menjadi seorang anak yang lucu. Begitupun dengan kami, we start from an inch step, small and turn to a bigger step like you all can see. Tapi satu hal yang team IYCers Kaltim yakini sampai saat ini adalah : kami sedang bermimpi dan menggantungkan harapan kami untuk provinsi dimana kami dilahirkan, untuk itu kami berlari, belajar dan terus mengejar mimpi itu dengan proses panjang telah kami lalui sejak pertengahan Juli 2012 hingga detik ini. Rapat,roadshow,direct selling,distribusi proposal hingga menjadi teman karib matahari di tengah teriknya pulau Kalimantan pun telah kami lalui and we enjoyed every single thing what we have done. Dan satu hal yang saya kagumi dari team IYCers Kaltim adalah THEY ALL DO THESE FOR EAST KALIMANTAN AND ITS YOUTH, THEY ARE AN OUTSTANDING AND TALENTED YOUTH,really. I’m extremely proud to work and collaborate with them on this project and one for sure, we want to give and prove our real contribution by holding this mini festival and hopefully it can inspire everyone.
Hingga tulisan ini saya buat, we are currently busy in preparing some stuffs demi memberikan yang terbaik di  acara “AKU DAN MIMPIKU” yang akan diselenggarakan pada 30 September mendatang. Dan kami butuh dukungan teman-teman. Dengan adanya IYCers Kaltim ini kami sangat mengharapkan partisipasi anak muda dapat terlihat aktif dan sadar bahwa republik ini membutuhkan kita sebagai pemuda yang peduli dengan keadaan negara kita tanpa harus terus mengkritik. Sudah saatnya kita membuktikan dan berkontribusi dengan kapasitas masing-masing. Tanya pada diri kita, apa yang telah kita berikan untuk negeri ini?
SUDAH SAATNYA KITA “YANG MUDA YANG MENGINSPIRASI”
Sampai bertemu 30 September mendatang di Graha bintang Balikpapan.
Terus gunakan hashtag #akudanmimpiku agar dunia tahu mimpi-mimpi kita.
ENJOY :
ü Tradisonal dance by Forum Duta Wisata Balikpapan @FDWB_Bppn
ü Live accoustic by SHINE band
ü Surprise session?
ü ART EXPO
Follow us on :
Twitter          : @IYCersKaltim
Blogger          : www.iycerskaltim.blogspot.com
You tube       : IYCers Kaltim
THEY ARE BEHIND #AKUDANMIMPIKU  >>  @tharizma @anndrk @ndaaahoy @uungee @pebiart @dirtiie @fannyamelia @faiziff @agniandrea @claudiobojoh @AndreKHG @putrifsy @TeoLukmanulH @irvan_ghazali @riioardhillah @elsarahmatyah @Ami_ECB
Raihlah mimpimu !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar